Training Uji Profisiensi ISOIEC 17025

Training Uji Profisiensi ISOIEC 17025


Training Uji Profisiensi ISO/IEC 17025

Teknik Investigasi dan Tindak Lanjut Hasil Uji Profisiensi

Training uji profiseinsi merupakan salah satu program pengembangan kompetensi terkait dengan aplikasi dan persyaratan sistem manajemen laboratorium berdasarkan persyaratan akreditasi ISO/IEC 17025. Bagi laboratorium yang akan melakukan akreditasi ataupun sudah terakreditasi, mempunyai kewajiban untuk melakukan uji profisiensi minimal 1 tahun sekali.

Telah berlangsung dalam beberapa tahun bahwa KAN secara rutin dan teragendakan setiap tahunnya melakukan uji profisiensi untuk beberapa ruang lingkup, namun jika KAN tidak menyelenggarakan uji profisiensi untuk suatu lingkup tertentu, maka laboratorium dianjurkan untuk menyelenggarakan sendiri atau berpartisipasi dalam program uji profisiensi yang diselenggarakan oleh lembaga lain yang sudah mempunyai reputasi baik dalam penyelenggaraan uji profisiesni dan tentunya juga sudah terakreditasi.

Apabila dalam uji profosiensi tersebut laboratorium memperoleh hasil yang kurang/tidak memuaskan, laboratorium harus melakukan investigasi secara terarah dan terencana dan tindakan perbaikan untuk setiap hasil uji yang outlier.

Menindaklanjti hasil uji profisiensi tersebut, selambatnya 30 hari hasil investigasi dan bukti tindakan perbaikan harus diserahkan ke sekretariat KAN, dan nantinya KAN akan memverifikasi apakah hasil investigasi dan tindakan perbaikannya sudah mencukupi atau belum.

Namun hal yang sering terjadi di laboratorium, personel laboratorium tidak tahu tindak lanjut dari uji profisensi itu harus diapakan, atau apabila hasil uji profisiensi yang outlier itu harus diperlakukan apa. Yang mereka tahu hanyalah mereka sudah melakukan uji profisiensi, sedangkan manfaatnya, atau bila hasilnya outlier mereka tidak tahu harus bagaimana menindaklanjuti hasil uji profiseinsi yang outlier tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan pemahaman awal proses melakukan uji profisiensi dan tindak lanjutnya, PT ADMI, dengan didukung trainer yang sangat berpengalaman di bidangnya, baik teoritis maupun praktis, serta didukung oleh pengalaman melakukan asesmen di beberapa laboratorium pengujian, bermaksud menyelenggarakan training Uji Profisiensi, Persyaratan Standar ISO/IEC 17025 yang diselenggarakan secara rutin di berbagai kota besar di Indonesia, maupun secara spesifik diselenggarakan di laboratorium customer dalam kerja sama inhouse training.

img-1547610509.jpg

img-1547610678.jpg

(Traning Uji Profisiensi di Hotel Mercure, Pantai Kuta, Bali)

TUJUAN TRAINING UJI PROFISIENSI

Tujuan training Uji Profisiensi adalah untuk membantu personel laboratorium agar mampu memahami esensi dari melakukan uji profosiensi dan melakaukan tindak lanjut yang benar terhadap hasil uji profiensi, terarah dan terencana yang merujuk kepada standar sistem manajemen laboratorium ISO/IEC 17025.

Secara spesifik, training uji profosiensi ini juga bertujuan untuk :

  • Mampu membuat laporan investigasi dan memberikan bukti tindak perbaikan dan pencegahan yang nantinya akan diserahkan ke sekretariat KAN untuk diverifikasi
  • Mampu merancang dan program dan upaya perbaikan terhadap hasil uji profosiensi
  • Mampu menindaklajuti hasil uji profisiensi, baik itu itu inlier maupun outlier dengan melakukan evaluasi dan investigasi secara terarah dan terencana
  • Peserta mampu memahami dan mengerti semua elemen dan parameter statistika yang digunakan dalam laporan hasil uji profisiensi
  • Memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada peserta pelatihan terhadap prinsip dan program QA/QC


 BAHAN AJAR

  • Pengantar dan pemahaman tinjauan umum persyaratan uji profisiensi standar sistem manajemen laboratorium ISO/IEC 17025
  • Pemahaman dan prinsim penjaminan mutu hasil pengujian
  • Metode perhitungan statistik uji profisiensi
  • Keterkaitan hubungan antara cara investigasi hasil yang kurang baik/tidak baik dengan critical control point dari sebuah metode uji
  • Tindakan perbaikan atas hasil investigasi yang diperoleh
  • Pelaporan atas hasil investigasi dan tindakan perbaikan yang dilakukan serta pemberkasan pelaporan ke sekretariat KAN

img-1674875566.jpg

img-1674875701.jpg

img-1674875734.jpg

(Traning Uji Profisiensi di Hotel Lynn, Kota Serang, Banten)

img-1674875959.jpg

img-1674876046.jpg

(Diskusi dan Praktek di laboratorium, Kota Serang, Banten)

img-1674876195.jpg

(Kuliner di Kota Serang, Banten)

METODE PELAKSANAAN

Dalam training uji profisiensi ini menggunakan metode interaktif dan menyeluruh, disampaikan pemaparan teoritis terkait dengan persyaratan dan prinsip dasar uji profisiensi serta elemen-elemen pendukung lainnya yang terlibat. Pembahasan studi kasus yang diambil dari hasil,uji profisiensi untuk bisa dilakukan diskusi mendalam terhadap kasus yang nyata.


Alokasi Waktu : 2 (dua hari), efektif 16 jam (08.30-16.30).

NARASUMBER :

Dra. Nurmala. MT. adalah seorang praktisi laboratorium yang sudah mendapatkan training dan juga sangat berpengalaman dalam mengajar/menjadi narasumber di beberapa pelatihandi bidang ISO 17025, penyusunan dokumentasi ISO 17025, verifikasi alat, metode uji, ketidakpastian pengukuran/pengujian, audit internal, uji profisiensi dll., dan sebagai praktisi laboratorium yaitu kepala laboratorium lingkungan DLHK Propinsi Banten sampai pensiun.


Biaya                        : Rp. 4.000.000,-

Fasilitas        : Sertifikat training, modul (soft dan hard copy), training kit (tas notebook/ransel, ballpoint, block note dan flash disk), makan siang, coffe break 2 kali dan foto bersama trainer. Training dilaksanakan di hotel berbintang.

Khusus untuk mahasiswa, training bisa diadakan di kampus (bersifat inhouse short training selama 1 hari), jumlah peserta minimal 50 mahasiswa, dengan biaya training yang sangat terjangkau yaitu Rp. 500.000,- per mahasiswa.


Untuk informasi jadwal training Uji Profisiensi ISO/IEC 17025 :

Tempat Training : BSD City

Tanggal : 27-28 Pebruari 2023; 29-30 Mei 2023; 24-25 Juli 2023; 25-26 September 2023; 27-28 Nopember 2023
(Training ini bisa juga diselenggarakan di kota-kota lainnya dan di luar waktu yang sudah terjadwal sesuai permintaan)


Untuk informasi jadwal dan biaya training lainnya, silakan klik di sini

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi :

Dhea

HP/WA : +6281316024608

Email : pt.admitraining@gmail.com

www.admi-training.com







Testimonial

 

Tambah