Bimbingan Teknis Akreditasi Laboratorium Penguji Sesuai ISO/IEC 17025 : 2017

Bimbingan Teknis Akreditasi Laboratorium Penguji Sesuai ISO/IEC 17025 : 2017

Bimbingan Teknis Akreditasi Laboratorium Penguji Sesuai ISO/IEC 17025 : 2017

ISO/IEC 17025:2017 (General Requirement For The Competence Of Testing) adalah merupakan Persyaratan Umum Kompetensi Untuk Laboratorium Penguji. Laboratorium Penguji maupun laboratorium kalibrasi yang ingin diakreditasi oleh Lembaga Akreditasi disuatu Negara di Indonesia lembaga akreditasi tersebut adalah Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Persyaratan ISO/IEC 17025:2017 tersebut terdiri dari lima bagian utama, yaitu : persyaratan umum, persyaratan struktural, persyaratan sumber daya, persyaratan proses dan persyaratan sistem manajemen. Mengingat suatu pengukuran dan pengujian memiliki cangkupan yang sangat luas dan bersifat komplet, maka adanya pemenuhan terhadap seluruh persyaratan yang ada pada persyaratan ISO/IEC 17025:2017, akan mendukung hasil-hasil pengukuran dan pengujian yang akurat dan konsisten dalam jangka panjang.
Manfaat akreditasi laboratorium diantaranya adalah untuk mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi dalam kegiatan pengukuran dan pengujian dilaboratorium, meningkatkan daya saing agar lebih kompetitif, meningkatkan konsistensi mutu dan hasil pengukuran dan pengujian, serta meningkatkan daya saing agar lebih kompetitif.
Selain itu adanya saling pengakuan terhadap hasil pengukuran dan pengujian yang dilakukan oleh laboratorium di suatu negara yang  telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO/IEC 17025:2017, akan diakui juga oleh negara-negara lain penandatangan MRA (Mutual Recognition Agreement) di lingkungan ILAC (International Laboratorium Accreditation Cooperation) maupun APPLAC (Asia Pacific Laboratory Cooperation).
Sehubungan dengan ini, proposal ini kami hadirkan untuk menawarkan kerja sama dalam membantu perusahaan mengembangkan dan menerapkan sistem Management mutu sesuai ISO/IEC 17025:2017, dan untuk memperoleh sertifikat akreditasi dari KAN.
 
MAKSUD DAN TUJUAN
Kegiatan dimaksud adalah pengadaan jasa konsultasi teknis persiapan, pembuatan dan pembenahan dokumen sistem Management mutu sesuai ISO/IEC 17025:2017, dalam rangka memperoleh status akreditasi dari KAN. Pembuatan dan pembenahan dokumen sistem Management mutu meliputi Panduan Mutu, Prosedur, instruksi Kerja dan format - format serta  dokumen penunjang lainnya. Berdasarkan hal tersebut di atas konsultan akan membantu perusahaan dalam hal :

  • Pemahaman Sistem Managemen Mutu dan langkah implementasinya, melalui pelatihan-pelatihan dan bimbingan teknis secara langsung;
  • Menyempurnakan Sistem Managemen mutu yang meliputi :penyusunan Panduan Mutu, Prosedur,Instruksi Kerja,format -format, serta dokumen penunjang lainnya, sesuai dengan standar ISO/IEC 17025:2017;
  • Membantu perusahaan selama masa persiapan dan proses akreditasi oleh KAN dalam hal mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk proses akreditasi
 
LINGKUP KEGIATAN DAN PROGRAM KEGIATAN
 

Lingkup kegiatan yang kami tawarkan dalam mmbantu perusahaan mengembangkan dan mnerapkan sistem mnagemen Mutu ISO/IEC 17025:2017 untuk memperoleh status akreditasi dari KAN terdiri dari enam tahap, yakni :

 
Tahap 1 Persiapan
Tahap 2 Pelatihan pengenalan dan penyusunan dokumen sistem manajemen mutu laboratorium
Tahap 3 Pembuatan dokumen sistem Management mutu Laboratorium
Tahap 4 Pelatihan verifikasi metode pengujian
Tahap 5 Pelatihan internal audit dan ketidakpastian pengukuran
Tahap 6 Implementasi dokumen asisten manajemen mutu
Tahap 7 Pengajuan akreditasi ke Komite Akreditasi Nasional
Dengan didukung oleh tim yang kredibel di bidangnya disertai dengan transfer pengetahuan kepada customer, maka bimbingan teknis akan lebih efektif dan berhasil guna. 


Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi :
Dwi Mulyaningsih
HP/WA : +6281316024608
Email : pt.admitraining@gmail.com
Website : www.admi-training.com

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

 

Tambah