Bimbingan Teknis Akreditasi Laboratorium Penguji Sesuai ISO/IEC 17025

Bimbingan Teknis Akreditasi Laboratorium Penguji Sesuai ISO/IEC 17025

img-1579755194.jpg

ISO/IEC 17025:2017 (General Requirement For The Competence Of Testing and Calibration Laboratories) merupakan Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Penguji dan Laboratorium Kalibrasi. Laboratorium Penguji maupun laboratorium kalibrasi yang ingin diakreditasi di Indonesia dilakukan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).
Persyaratan ISO/IEC 17025:2017 tersebut terdiri dari lima bagian utama, yaitu : persyaratan umum, persyaratan struktural, persyaratan sumber daya, persyaratan proses dan persyaratan sistem manajemen. Mengingat suatu pengukuran dan pengujian maupun kalibrasi memiliki cangkupan yang sangat luas dan bersifat komplet, maka adanya pemenuhan terhadap seluruh persyaratan yang ada pada persyaratan ISO/IEC 17025:2017, akan mendukung hasil-hasil pengukuran dan pengujian maupun kalibrasi yang valid dan konsisten dalam jangka panjang.
Manfaat akreditasi laboratorium di antaranya adalah untuk mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi dalam kegiatan pengukuran dan pengujian maupun kalibrasi di laboratorium, meningkatkan daya saing agar lebih kompetitif, meningkatkan konsistensi mutu dan hasil pengukuran dan pengujian, serta meningkatkan kepercayaan diri.
Selain itu adanya saling pengakuan terhadap hasil pengukuran dan pengujian yang dilakukan oleh laboratorium di suatu negara yang  telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO/IEC 17025:2017, akan diakui juga oleh negara-negara lain penandatangan MRA (Mutual Recognition Agreement) di lingkungan ILAC (International Laboratorium Accreditation Cooperation) maupun APLAC (Asia Pacific Laboratory Cooperation).
Sehubungan dengan ini, bimbingan teknis ini kami hadirkan untuk menawarkan kerja sama dalam membantu perusahaan dalam mengembangkan dan menerapkan sistem Management mutu sesuai ISO/IEC 17025:2017, dan untuk memperoleh sertifikat akreditasi dari KAN.
 
MAKSUD DAN TUJUAN
Kegiatan dimaksud adalah pengadaan jasa konsultasi dan bimbingan teknis : persiapan, pembuatan dan pembenahan dokumen sistem management mutu sesuai ISO/IEC 17025:2017, peningkatan kapasitas dan kapabilitas personel laboratorium melalui serangkaian training dan evaluasi, dalam rangka memperoleh status akreditasi dari KAN. Pembuatan dan pembenahan dokumen sistem management mutu meliputi Panduan Mutu, Prosedur, instruksi Kerja dan format - format serta  dokumen penunjang lainnya. Berdasarkan hal tersebut di atas, konsultan akan membantu perusahaan dalam hal :

  1. Pemahaman Sistem Managemen Mutu dan langkah implementasinya, melalui pelatihan-pelatihan  dan bimbingan teknis secara langsung.
  2. Menyempurnakan Sistem Managemen Mutu yang meliputi : penyusunan Panduan Mutu, Prosedur, Instruksi Kerja, pembuatan format -format, serta dokumen penunjang lainnya, sesuai dengan standar ISO/IEC 17025:2017;
  3. Mendapingi serta membantu /laboratorium/perusahaan selama masa persiapan dalam hal mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk proses akreditasi, pendampingan selama proses akreditasi dan pasca asesmen oleh KAN


 LINGKUP DAN PROGRAM KEGIATAN

 Lingkup kegiatan yang kami tawarkan dalam mmbantu laboratorium/perusahaan mengembangkan dan menerapkan sistem Manajemen Mutu ISO/IEC 17025 : 2017 untuk memperoleh status akreditasi dari KAN terdiri dari tujuh tahap, yakni :

  1. Persiapan
  2. Pelatihan dan penyusunan dokumen Sistem Manajemen Mutu laboratorium sesuai SNI ISO 17025
  3. Pelatihan dan praktek identifikasi dan pengendalian risiko
  4. Pelatihan validasi/verifikasi metode pengujian
  5. Pelatihan dan praktek perhitungan ketidakpastian pengukuran/pengujian
  6. Pelatihan dan praktek audit internal
  7. Pelatihan da praktek uji profisiensi dan uji banding antar/inter laboratorium
  8. Pelatihan dan praktek perawatan dan kalibrasi peralatan laboratorium
  9. Pelatihan dan praktek jaminan mutu dan pengendalian mutu hasil uji laboratorium
  10. Pelatihan dan praktek kaji ulang manajemen
  11. Pengajuan akreditasi ke Komite Akreditasi Nasional
  12. Pelatihan dan praktek tindakan perbaikan atas temuan ketidaksesuaian setelah asesmen asesor

Dengan didukung oleh tim yang kredibel di bidangnya disertai dengan transfer pengetahuan kepada pelanggan, maka bimbingan teknis akan lebih efektif dan berhasil guna. 

Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi :
Sony
HP/WA : +6282112848089
Email : pt.admitraining@gmail.com
website : www.admi-training.com

Testimonial

 

Tambah